Windows 7 Resmi Diluncurkan!

Windows 7 telah resmi diluncurkan kemarin, 22 Oktober 2009, di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Peluncuran di Indonesia dilakukan kepada pihak media di Hard Rock Cafe. Saya bangga bisa menjadi salah satu orang yg terlibat untuk men-demokan produk hebat ini kepada para wartawan πŸ™‚

Setelah peluncuran ini, Windows 7 secara resmi akan tersedia di semua toko komputer di Indonesia. Tentunya selama stok masih tersedia di toko masing-masing πŸ™‚ Peluncuran kepada konsumen umum akan dilakukan di Pondok Indah Mall 2 tanggal 6 November 2009, dan peluncuran kepada konsumen bisnis (perusahaan) akan dilakukan di Jakarta Convention Center tanggal 24 November 2009.

Untuk mengikuti semangat Windows 7, berikut adalah 7 fungsi WIndows 7 yang saya paling sering saya pakai:

  1. Snap, untuk pengaturan window. Gunakan mouse untuk menyeret window ke sisi kanan monitor, dan window tersebut akan menempel ke 1/2 sisi kanan layar. Demikian juga kalau diseret ke sisi kiri. Kalau ke atas, maka window akan menjadi full screen. Keyboard shortcut? Tekan tombol Windows dan panah kiri, panah kanan, atau panah atas.image
  2. image Search, langsung dari tombol Start. Begitu klik Start, langsung saja ketik program atau file yang mau kita cari. Misalnya, mau membuka Troubleshooting, tinggal ketik β€œtroubleshooting” dan tinggal pilih dari hasil pencarian. Untuk hasil maksimal, tentunya lebih mudah menggunakan keyboard. Tekan tombol Windows untuk memuncul menu Start, langsung ketik apa yg mau dicari, dan gunakan panah atas-bawah untuk memilih, dan tinggal tekan Enter! Catatan: pencarian bukan hanya untuk nama program dan nama file, tapi juga isi file dan isi email di Outlook. Bahkan juga Favorites di Internet Explorer!
  3. image Peek, memunculkan thumbnail dari window-window yang sedang terbuka. Cukup arahkan mouse kita ke daftar program yang ada di taskbar, dan langsung muncul preview thumbnail dari window masing-masing. Ini memudahkan kita mencari window yang mau kita pilih.
  4. Zoom, untuk zoom in dan zoom out dari tampilan di layar. Ini penting ketika sedang presentasi atau demo dan ingin menunjukkan bagian tertentu dari sebuah program atau tampilan di layar. Tinggal tekan tombol Windows dan tombol β€œ+” untuk Zoom In, dan tombol Windows dan tombol β€œ-β€œ untuk Zoom Out.
  5. Notification Area Icons yang jauh lebih β€œbersih”, karena menyembunyikan tray icon yang ngga perlu. By default, tray icon hanya akan memunculkan icon sebuah program kalau program tersebut ingin memberikan notifikasi ke kita. Jadi, walaupun icon Battery selalu aktif, tapi dia akan tetap tersembunyi dan baru muncul kalau ingin memberikan notifikasi, misalnya bahwa baterai kita sudah mau habis. Lebih lengkapnya lagi, kita bisa mengubah setting sesuai kebutuhan kita masing-masing. Misalnya, kalau di komputer saya, icon Network, Volume, Outlook dan Communicator selalu terlihat untuk memudahkan saya mengakses keempat program tersebut.image
  6. Rotated Wallpaper dan Screen Saver. Ngga perlu lagi program tambahan, semua sudah disediakan oleh Windows 7. Tinggal ubah setting di bagian Wallpaper untuk mengubah2 latar belakang per waktu tertentu. Screen Saver juga bisa menggunakan foto-foto kita dari folder tertentu.
  7. Dukungan 64-bit yang membuat kita bisa memaksimalkan penggunaan memory di komputer (lebih dari 3 GB) tapi tetap menjaga kompatibilitas dengan program-program 32-bit yg umum tersedia. Sayang kan, kalau beli komputer dengan memory 4 GB tapi hanya bisa dipakai 3 GB krn masih menggunakan 32-bit? πŸ™‚

Berikut adalah 7 lagi fungsi Windows 7 yang saya suka, tapi belum saya pakai (atau tidak sering saya pakai) krn berbagai hal:

  1. Multitouch! Sayangnya saya belum punya notebook atau desktop yang sudah bisa multitouch. Waktu demo kemarin sih sudah pakai notebook Acer yg sudah multitouch. Keren!
  2. Previous Version, kita bisa memunculkan kembali versi lama dari file-file kita. Tinggal click kanan di file tersebut, dan pilih Previous Version. Sederhana, dan sangat membantu kalau tidak sengaja melakukan kesalahan dalam mengubah sebuah file.
  3. Media Center, yg menjadikan komputer kita sebagai pusat entertainment di rumah. Bisa dihubungkan ke TV dan internet TV, bisa memainkan semua file musik dan video, bisa merekam siaran yg kita tidak sempat tonton, pause di tengah2 siaran langsung, dan masih banyak lagi. Tambahkan remote control supaya bisa menonton dari jauh, dan sambungkan ke LCD TV kita untuk hasil yg maksimal.
  4. Homegroup plus Media Player yg bisa melakukan streaming antar komputer. Cocok untuk membuat jaringan audio-video di rumah. Tempatkan 1 komputer dengan storage besar sebagai server, masukkan semua video dan musik di sana. Pasang komputer2 kecil di masing2 kamar, setup jaringan wireless, setup Homegroup yg menggabungkan semua komputer ini. Gunakan Media Center dan tinggal mainkan file2 vide dan musik di masing2 kamar. Sederhana!
  5. Parental Control, yg bisa mengatur penggunaan komputer oleh anak2, misalnya mengatur waktu pemakaian, program apa saja yg bisa digunakan, dst.
  6. PSR (Problem Steps Recorder), yang merekam semua langkah yg kita lakukan sampai ke titik masalah, dan kemudian membuat sebuah file report lengkap dengan screen capture di masing2 langkah, yang bisa kita kirimkan ke bagian IT Support. Kegunaan lain dari PSR ini adalah untuk membuat dokumentasi program πŸ™‚
  7. Troubleshooting, yang membantu kita di semua titik masalah, menawarkan solusi terbaik secara otomatis dan dapat menyelesaikan hampir semua masalah yg biasa kita hadapi, misalnya membantu mengecek kenapa kita tidak tersambung ke Internet, mengusulkan setting power maksimal, dst.

Jadi, tunggu apa lagi? Secepatnya gunakan Windows 7 dan nikmati semua fasilitasnya!

Add a Comment