Movie Review: Sherlock Holmes

image Mengawali Movie Marathon kami minggu ini :-), kami menonton Sherlock Holmes di Blitzmegaplex Teraskota, BSD. Sebuah film yang sangat menarik, terutama dalam hal penampilan Sherlock Holmes yang agak berbeda dari buku-bukunya ataupun dari film-film sebelumnya. Kalau di buku-buku dan film-film tsb Sherlock Holmes lebih ditunjukkan sebagai detektif yang penuh pemikiran, analisis dan perhitungan, maka di film ini juga ditunjukkan kemampuan bela diri yang sangat hebat. Tentu saja, tetap dengan kemampuannya analisis dan olah pikirnya.

Robert Downey Jr. tampil mengesankan dalam film ini, dan memang dia lah yang cocok untuk memerankan Sherlock Holmes dalam konteks film ini. Robert Downey Jr. memang selalu cocok untuk memainkan tokoh yang agak liar dan bandel, dengan tingkah polah yang membutuhkan mimik muka yang sesuai. Itu juga makanya dia cocok untuk bermain di Iron Man. Jude Law juga bermain mengesankan sebagai Dr. Watson. Pemain lain tampil tidak terlalu menonjol dan tidak terlalu istimewa.

Film ini sepertinya ditujukan untuk memperkenalkan kembali tokoh Sherlock Holmes, sekaligus sebagai pembuka perkenalan kepada musuh bebuyutan Sherlock Holmes, yaitu Prof. Moriarty.

Secara umum, film ini sangat layak untuk ditonton, bahkan untuk ditonton ulang :-) Baik untuk pecinta film serius, maupun pecinta film laga, maupun peminat film biasa, semuanya cocok. Highly recommended!