Upgrade WordPress di Azure dari PHP 5.x ke 7.x: Cukup 5 menit!

Semudah apakah mengupgrade instalasi WordPress di Azure dari PHP 5.x ke 7.x? Ternyata sangat mudah dan hanya perlu waktu 5 menit. Read on.

Website ini menggunakan WordPress dan dihost di Microsoft Azure App Services. Pada saat pertama kali dihost di Azure, PHP baru mencapai versi 5.6. Karena itu, jangan heran kalau website ini masih berjalan di PHP 5.6 sampai beberapa hari lalu.

Sebagai bagian dari pekerjaan saya di Microsoft, saya membantu menyampaikan informasi ke customer apabila ada teknologi yang obsolete, atau sudah tidak disupport lagi. Ketika mengetahui bahwa PHP 5.6 sudah tidak mendapatkan support sejak tanggal 1 Januari 2019, saya tiba-tiba teringat mengenai website ini Smile Sempat bingung juga, sulit gak ya melakukan upgrade nya?

Langkah Pertama: Pastikan kamu menggunakan WordPress terbaru

Sekalian mau update website, sekalian juga deh ngecek apakah WordPress nya updated. Masuk ke admin Dashboard dan perhatikan notifikasi mengenai Updates.

wordpress-update

Apabila ada Updates tersedia, maka akan muncul angka di sebelah tulisan Updates. Click di sana, dan update lah WordPress ke versi paling akhir. Sekalian juga update semua plugins dan themes, supaya website kamu lengkap menggunakan latest version untuk semua bagian.

wordpress-latest

Harus diingat, perubahan dari PHP 5.x ke 7.x cukup signifikan, sehingga belum tentu semua plugins dan themes mendukung. Makanya kita update dulu semua ke versi terakhir untuk memastikan dukungan maksimal.

Langkah Kedua: Ubah versi PHP di Azure Portal

Masuk ke Azure Portal dan masuk ke App Service yang digunakan oleh WordPress kamu.

appservice

Di dalam blade App Service, di menu kiri pilih Application Settings.

appsetings

Di bagian General Settings, klik di PHP version, dan pilih versi terkini dari PHP. Untuk contoh ini, saya memilih versi 7.2. Klik Save setelah melakukan perubahan.

That’s it! Tidak sampai 5 menit, App Service nya sudah menggunakan versi terkini dari PHP.

Langkah Ketiga: Tes dan pastikan semua berjalan normal

Masuk kembali ke website kamu dan pastikan semua berjalan dengan baik. Salah satu website saya sempat tidak bisa diakses, jadi saya restart App Service nya. Tapi secara umum, tidak ada masalah yang berarti.

Semoga artikel ini membantu rekan-rekan semua!

Add a Comment