Layanan Telkom semakin baik?

Biasanya aku posting soal complain, hal-hal yang berjalan tidak benar, dst. Kali ini, aku juga mau membiasakan posting soal hal-hal yang berjalan dengan benar dan layak dipuji :-) Gimanapun juga, tidak fair kalo kita hanya menonjolkan hal-hal yang negatif kan? :-)

Kejadian kali ini adalah dengan Telkom. Dan bukan sebuah complain, melainkan sebuah pujian. Pujian? Untuk Telkom? Wah, jarang-jarang terjadi kan? :-)

Bbrp hari yang lalu, pagi-pagi, entah kenapa tiba2 telpon kami di rumah mati total. Tidak ada nada panggil sama sekali. Dan yang menarik, pada saat itu kami sedang bertelepon dan tiba2 putus. Begitu mau dicoba lagi, tidak ada nada panggil. Kami coba telpon ke nomor itu, seakan-akan tidak diangkat, padahal memang teleponnya tidak bunyi sama sekali.

Krn kesibukan, aku baru menelepon Telkom 147 sekitar jam 2 siang. Seperti biasa, disambut dengan ramah oleh Customer Service nya. Keluhan di catat dan akan diselesaikan maksimum 2×24 jam. Kalau lebih dari itu, maka abonemen bulan ini gratis :-) Menarik, ada jaminan SLA (Service Level Agreement) nya. Tidak lupa dia menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi :-)

Sekitar jam 2.30, masuk telepon dari nomor rumah ke handphone. Hmm, apakah telpon sudah hidup sendiri tanpa diperbaiki? Benar2 aku berpikir seperti itu, krn memang tidak mengharapkan dari Telkom sudah datang hanya dalam waktu 30 menit. Ternyata, yg menelepon adalah orang Telkom yang sedang menguji coba jalur telepon dari box telepon di luar rumah. Dia mohon ijin masuk ke dalam rumah untuk mengecek semua titik. Ya tentu saja diijinkan pak :-)

Tidak sampai 5 menit kemudian, masuk lagi telepon dari rumah, lagi-lagi orang Telkom nya, dan kali ini minta aku mencoba menelpon kembali ke rumah. Oke, aku telpon kembali, dan orang Telkom nya lagi yang menerima. Dia bilang, semua sudah oke, tadi hanya ada kabel longgar di box telepon di luar rumah.

Itu saja. That’s it. Done. Masalah selesai dalam 30 menit. Tidak ada biaya apapun, petugas tidak meminta uang rokok/kopi/jalan, cukup tanda tangan surat bahwa dia sudah selesai memperbaiki masalah telepon di rumah.

Luar biasa. Ini patut dapat acungan jempol. Dan pantas untuk di posting di blog :-)

Lantas kenapa di subject posting ini masih ada tanda tanya? Well, trust is earned. Sebuah kepercayaan yang sudah sempat hilang, tidak cepat untuk mendapatkannya kembali. Konsistensi ke depan yang harus kita liat sama-sama. Jujur aja, ini sebenarnya bukan pertama kalinya Telkom menyelesaikan masalah dalam hitungan di bawah 1 jam. Dulu Speedy di rumah juga problem, dan beres dalam waktu kurang lebih 30 menit (ada orang yang langsung datang ke rumah). Telkomvision kami pernah mati total, dan ternyata memang satu kompleks mati semua, dan juga diselesaikan kurang dari 1 jam.

Telkom, perubahan yang luar biasa. Kami tunggu konsistensinya!