Microsoft WebsiteSpark dan BizSpark

Microsoft WebsiteSpark dan BizSpark bukanlah barang baru, karena BizSpark sudah berumur 1,5 tahun lebih, sedangkan WebsiteSpark sudah berjalan lebih dari 3 bulan. Namung sayangnya, walaupun peserta kedua program ini sudah cukup banyak (150 BizSpark dan 50 WebsiteSpark), sepertinya masih banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang belum tau mengenai kedua program ini, walaupun mereka memenuhi syarat untuk mengikuti dan dapat memanfaatkan fasilitas dari kedua program ini.

Jadi, apa sebenarnya kedua program ini?

WebsiteSpark adalah program yang ditujukan untuk perusahaan yang menjual jasa membuat aplikasi web atau yang membuat website. Dalam istilah Microsoft, perusahaan-perusahaan ini disebut WebVAP (Web Value Added Provider), atau kadang-kadang juga disebut WebPro (Web Professional). Syaratnya hanya satu: memiliki pegawai tidak lebih dari 10 orang.

BizSpark ditujukan untuk perusahaan-perusahaan baru, yang berumur kurang dari 3 tahun, yang membuat software (aplikasi) sebagai bisnis utamanya. Jadi, program ini ditujukan untuk perusahaan Startup yang dimulai oleh enterpreneur-enterprenuer di Indonesia. Syaratnya ya hanya satu tadi: berumur kurang dari 3 tahun.

Kedua program ini menyediakan 3 fasilitas: software dari Microsoft, ditampilkan dalam program marketing Microsoft (baik online maupun offline) dan professional support. Daftar software yang diberikan oleh Microsoft dapat dilihat di website masing-masing program: WebsiteSpark dan BizSpark. Ada juga penjelasan dalam bahasa Indonesia di portal BinaISV.net (untuk WebsiteSpark dan BizSpark).

Yang perlu dicatat: tidak ada ketentuan bahwa peserta kedua program ini harus sudah menggunakan teknologi Microsoft sebelumnya. Jadi, program ini juga menerima pendaftaran dari komunitas non-Microsoft.

Untuk melihat cara mendaftar, silahkan lihat di section WebsiteSpark dan BizSpark di BinaISV.net.

Tunggu apa lagi? Ayo bergabung! 🙂

Add a Comment