Inglourious Basterds

image Quentin Tarantino memang gila! :-) Sang sutradara Kill Bill ini lagi-lagi menghasilkan karya yang luar biasa di film Inglourious Basterds ini. Mengambil judul dari nama sebuah tim (atau lebih tepatnya “gerombolan”) militer yang bertugas untuk membunuh tentara Jerman dengan cara-cara yang sadis, film ini bercerita tentang pembantaian Yahudi oleh Jerman, intrik spionase dan sabotase, kondisi Jerman yang melemah di penghujung Perang Dunia Kedua, pengkhianatan, dll.

Film ini sejak awal menonjolkan ciri-ciri khas Quentin Tarantino, mulai dari pemilihan musik, framing gambar, keseriusan yang lucu dan kelucuan yang serius, dan ketidakpastian akhir cerita. Jangan tertipu dengan pemilihan setting Perang Dunia Kedua: akhir film ini sama sekali berbeda dengan sejarah nyata.

Walaupun film ini sering dijual dengan memanfaatkan nama Brad Pitt, sebenarnya peran Brad Pitt sebagai Letnan Aldo Raine di film ini tidaklah besar, bahkan juga tidak istimewa. Penampilan istimewa justru dilakukan oleh 2 pemain utama film ini: Melanie Laurent sebagai Shosanna Dreyfus dan Christoph Waltz sebagai Kolonel Hans Landa. Pertarungan emosi di antara kedua tokoh inilah yang menghidupkan film ini dari awal sampai akhir.

Film ini sangat-sangat recommended untuk ditonton. Kami bahkan berencana membeli DVD nya sebagai koleksi di rumah.