The Reader

image Luar biasa! Hanya itu yang ada di pikiran kami ketika menonton film The Reader. Ini contoh film dengan tema yang sangat dalam, dan tentu saja, sangat kontroversial. Memang, membicarakan hal-hal yang berbau Nazi memang sangat sensitif, apalagi ini langsung pada topik utama yaitu pembunuhan sistematis terhadap bangsa Yahudi yang ada di Eropa saat itu. Film ini membicarakan banyak hal sekaligus, tapi bukan hal-hal yang dibahas hanya kulitnya, tapi justru sangat mendalam.

Topik pertama adalah mengenai hukum itu sendiri. Seperti yang disampaikan oleh sang profesor hukum kepada mahasiswanya: hukum bukanlah mengenai apa yang benar atau salah, tapi mengenai apa yang legal dan tidak legal. Dan untuk kasus yang sudah lama terjadi, yang digunakan bukanlah hukum saat ini, tapi hukum pada saat kejadian tersebut berlangsung, karena hukum tidaklah berlaku surut. Hal ini saja sudah cukup kontroversial bagi orang awam yang tidak mengenal hukum. Itu sebabnya, dalam konteks Nazi ini, proses pembuktian menjadi sulit, karena yang dicari adalah “niat”: apakah memang suatu tindakan dilakukan atas niat membunuh.

Topik kedua adalah mengenai “mengetahui sesuatu yang bisa menghindarkan orang lain dari hukuman”. Ketika sang anak muda (Michael) menyadari suatu informasi (ngga disebutkan di sini ya, takutnya entar jadi ngga enak nontonnya :-)) yang bisa membebaskan sang wanita (Hanna) dari hukuman, dia mengalami dilema yang sangat mendalam, krn memang si wanita sendiri yang sengaja berbohong untuk menyembunyikan hal tersebut.

Topik ketiga adalah hubungan cinta yang cukup kontroversial, dengan jarak umur lebih dari 20 tahun. Justru kisah cinta ini lah yang menjadi benang merah dari awal hingga akhir film, dengan topik lainnya menjadi pencipta suasana.

Hal lain yang menarik di dalam film ini adalah bagaimana seseorang bisa belajar membaca dan menulis hanya dengan mendengarkan kaset rekaman dan membandingkannya dengan buku aslinya. Saya ngga tau, mungkin ini hal yang biasa terjadi, tapi saya benar2 ngga pernah dengar sebelumnya.

Terakhir, saya setuju sekali kalau Kate Winslet menerima Oscar untuk penampilannya di film ini. Aktingnya luar biasa!