Microsoft makin serius dengan Open Source

Microsoft semakin menunjukkan keseriusannya terlibat dalam Open Source movement. Sam Ranji, Senior Director of Platform Stragey, kembali menjadi pembicara dalam acara OSCON (Open Source Convention) di Portland, Amerika Serikat, tanggal 25 Juli kemaren. Dalam keynote yang disampaikan, Sam Ranji mengumumkan beberapa milestone penting dalam keterlibatan Microsoft dengan Open Source.

Pertama, Microsoft menjadi Platinum Sponsor bagi Apache Software Foundation, salah satu lembaga utama penggerak Open Source. Microsoft ingin menunjukkan komitmennya terhadap dunia Open Source.

Kedua, Microsoft secara aktif telah terlibat dalam ADOdb Project, salah satu project Open Souce PHP. ADOdb adalah database abstraction layer yang digunakan oleh aplikasi PHP untuk mengakses database. Microsoft memberikan kontribusi aktif ke dalam project ini untuk memastikan aplikasi PHP akan dapat menggunakan SQL Server. Microsoft sebelumnya telah mengeluarkan PHP driver untuk SQL Server.

Ketiga, Microsoft telah memperbesar cakupan Open Specification Promise (OSP) untuk mencakup tambahan 150 protokol. Hal ini akan sangat membantu developer Open Source untuk berkomunikasi dengan produk-produk Microsoft.

Add a Comment