Buru-buru memesan tiket pesawat

Kemaren tiba-tiba aku harus ke Medan, karena kakak mertuaku (kakak dari ayahnya Eva) meninggal. Kami dikasih tau hari Kamis, dan Jumat malam udah harus berangkat. Tadinya sih harusnya berdua dengan Eva, tapi karena Joan agak demam, jadinya aku aja yg berangkat.

Kali ini aku mau share pengalaman mencari tiket dalam kondisi mendadak. Mungkin tidak bisa mewakili semua keadaan, krn kebetulan saat ini bukan peak season. Tapi mungkin pengalaman ini bisa membantu orang lain yg membutuhkan.

Karena kondisi cuaca yg sedang tidak baik di Indonesia, dan memang tingkat kepercayaan terhadap airline lagi rendah, aku harus memilih airline yang menurutku cukup “aman”. Jadinya ariline yg aku hubungi hanyalah Garuda, AirAsia, Lion Air, dan Mandala. Sempat juga mau menghubungi Merpati, krn sepertinya pesawat2 mereka cukup baru, tapi enah kenapa agak males juga.

Karena ketidakjelasan keberangkatan, jadinya aku baru mulai menghubungi airline di hari Jumat pagi. Mepet banget. Cek AirAsia di internet (http://www.airasia.com) sudah tidak bisa memesan tiket untuk Jumat, karena memang mereka ada batas waktunya. Jadinya aku cek via telepon (021-80899099) dan mendapatkan pesawat terakhir (18.55) dengan harga 480-an ribu. Aku telpon ke Garuda (021-23519999), dan flight terakhir mereka (19.50) dengan harga 800-an ribu. Lion Air (021-63871111) flight terakhir (19.05) dengan harga 700-an ribu. Sedangkan Mandala (021-56997000) filght terakhir sekitar jam 5 sore, jadi terlalu mepet.

Akhirnya aku mengambil AirAsia. Yang penting diperhatikan, kalau kita membeli sudah dalam 24 jam sebelum keberangkatan, Garuda dan AirAsia tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit. Garuda sebenarnya bisa, tapi tidak untuk kelas promo, hanya kalau menggunakan harga normal, yang di atas 1 juta. Lion Air aku tidak cek, krn memang harganya lebih mahal. Akhirnya aku mengambil tiket AirAsia di kantor perwakilan mereka di Panglima Polim, dan membayar dengan uang tunai.

Sambil melewati kemacetan Jakarta, aku mulai mencari tiket pulang dari Medan ke Jakarta, hari Minggu, dengan harapan, kalo mencari 2 hari sebelum, masih bisa membayar dengan kartu kredit. Aku cek AirAsia lewat handphone (http://mobile.airasia.com) dan melihat jadwal flight jam 8.50 di harga 500-an ribu dan 13.30 di harga 1 jutaan. Aku telpon Lion Air, dan mendapat flight 13.30 dengan harga 500-an ribu. Ini sekedar berbagi pengalaman, bahwa AirAsia tidak selalu menawarkan tiket termurah. Sebaiknya cek lagi ke airline lain, terutama Lion Air, karena kadang2 untuk jam yg berbeda, harga tiket mereka terbalik. Dalam kasus ini, Lion Air di jam 8 pagi justru harganya sudah diatas 700 ribu.

Supaya bisa membayar dengan kartu kredit, aku datang ke kantor pusat Lion Air di Gajah Mada (setelah Carrefour Duta Merlin). Ternyata kantor ini melayani 24 jam, jadi lain kali bisa juga mencoba Lion Air ini. Di sana juga merupakan pusat call center mereka.

Jadi, begitulah kira-kira pengalamanku mencari tiket dengan terburu-buru. Beberapa hal yang bisa diperhatikan:
1. Selalu simpan nomor airline di handphone, karena ini sangat membantu kalau perlu menghubungi mereka sambil di jalan. 3. Manfaatkan akses via Internet dan handphone dari AirAsia, karena ini bakal menghemat banyak waktu.
4. Dan tentu saja, kalo bisa, jangan mencari tiket dengan terburu-buru.