In The Valley Of Elah

Kami baru aja nonton film ini. Awalnya tidak terlalu tertarik, karena kami kira filmnya kok kurang begitu terkenal. Tapi karena Tommy Lee Jones dinominasikan jadi aktor terbaik Oscar, sepertinya pantas dicoba =)

Tema cerita sangat bagus, sangat nyata, dan memang terinspirasi oleh kejadian nyata. Tema utama nya memang mengenai bagaimana kacaunya perang di Irak, bagaimana getirnya, dan bagaimana kondisi para prajurit setelah pulang. Pembunuhan yang terjadi hanyalah pengantar pada tema utama itu. Jadi, memang film ini agak menyindir pemerintah Amerika saat ini.

Secara umum, filmnya enak untuk ditonton, dan kami sangat rekomendasikan untuk ditonton. Apalagi kalo yang suka film Crash, pasti suka sekali dengan film ini. Satu yang menurutku pribadi agak kurang adalah soundtrack yang sangat kosong. Sepi sekali film ini, sampe2 kalo kita bisik2 aja bisa kedengaran di bioskop =)

Oh ya, tadinya kami bingung apa hubungannya dengan Valley of Elah. Di dalam film ini sempat diceritakan mengenai pertarungan Daud dan Goliat di lembah Elah (Valley of Elah), walaupun kalo di cek ke Alkitab bahasa Indonesia (1 Sam 17:2), disebut sebagai lembah Tarbantin, sedangkan di versi bahasa Inggris (NIV dan KJV) disebut sebagai Valley of Elah. Diceritakan bahwa Daud pasti sangat takut sekali, tapi dia berusaha mengalahkan ketakutannya, dan berhasil mengalahkan Goliat. Jadi, inti cerita/film ini adalah, apakah kita bisa mengalahkan ketakutan kita dan menghadapi kenyataan.

Anyway, a very good movie. Kami sangat merekomendasikannya.