Penanganan Demam Tinggi

Karena Joan pernah demam tinggi, kami jadi banyak bertanya ke dokter mengenai cara penanganannya. Berikut beberapa hal yang sebaiknya dilakukan.

Pertama, kalau demam di atas 37,5 C tapi masih dibawah 39 C, masih bisa diturunkan dengan menggunakan obat penurun demam biasa, seperti Tempra. Baca aturan pakai pada kemasan. Untuk Tempra, bisa digunakan setiap 4 jam sekali, maksimum 5 kali. Dosis 1 cc per 10 kg berat badan.

Kedua, untuk kompres, gunakan air hangat. Dokter-dokter sekarang tidak lagi menganjurkan kompres dengan air dingin. Tujuan menggunakan air hangat adalah supaya tubuh “tertipu” dan mengira udara di luar tubuh panas, sehingga memaksa kulit mengeluarkan keringat. Akibatnya, suhu tubuh turun.

Ketiga, paksa supaya berkeringat. Selain dengan kompres panas di atas, bisa juga dengan cara lain. Kalau di rumah tanpa AC yg suhunya hangat, sebaiknya anak tidak di beri selimut. Justru dibiarkan saja terbuka dan gunakan baju yg tipis dan longgar, supaya panas tubuh bisa keluar. Untuk rumah dengan AC atau dingin, sebaiknya anak dibungkus dengan selimut supaya berkeringat.

Keempat, kalau suhu tubuh di atas 39 C, sebaiknya secepatnya di bawa ke dokter. Kami diminta dokter untuk menyediakan obat penurun demam lewat anus, misalnya Dumin. Efeknya cepat, tapi berlaku sementara. Jadi, kalau sudah di atas 39 C, langsung diberikan obat ini, dan langsung di bawa ke dokter.

Kelima, karena anak bakalan banyak berkeringat, sering2lah mengganti bajunya. Juga, banyak2 diberi minum, supaya banyak berkeringat dan kencing.