Website TNP KPU di hack

Ini namanya “sudah jatuh, tertimpa tangga pula”. Sudah sering dikritik dari segala penjuru, tim TI KPU harus bekerja keras kemaren, krn website TNP KPU di hack. Nama2 partai di ubah2 jadi nama lucu2. Menurut pihak KPU sih, data tidak di hack, krn ada “keamanan 7 lapis”, whatever that means =)

Kejadian kali ini sih bisa menjadi peristiwa menarik. Minimal ada 3 hal yg bisa kita perhatikan.

Pertama, “perjanjian tak resmi” di kalangan underground Indonesia untuk tidak melakukan hacking ke sistem TI KPU, ternyata tidak berlaku. Toh sistem KPU di hack juga.

Kedua, tim TI KPU memang harus berjuang keras kali ini, untuk memperbaiki “kerusakan”, bukan hanya kerusakan di website nya, tapi juga kerusakan kredibilitas. Harus ada yg bertanggung jawab, I don’t know who. Tim TI KPU harus belajar banyak dari pengalaman kali ini.

Ketiga, ini saatnya kita menguji kemampuan tim Cybercrime dari Kepolisian RI. Apakah mereka akan berhasil melacak pelakunya?

Keempat, ini juga saatnya kita menguji sistem peradilan kita, apakah perangkat hukum kita sudah cukup untuk mengadili pelaku cybercrime. Tentu saja dengan asumsi pelakunya bisa ditangkap oleh polisi.

So, kita lihat saja perkembangannya.

Add a Comment