Indonesian Idol – Tayangan Perdana

Menarik sekali melihat Indonesian Idol di RCTI. Ditargetkan sebagai saingan AFI di Indosiar, sejak awal RCTI menempatkan Indonesian Idol sebagai sesuatu yg “berbeda”. Memang sih, kalau dilihat format acara American Idol, memang berbeda sekali pendekatannya dari AFI. Sejak awal, seluruh peserta sudah berhadapan dengan dewan juri, yg sudah memberikan komentar2 yg pedas. Bagaimana dengan Indonesian Idol?

Tayangan perdana memang masih membosankan, krn lebih banyak bercerita tentang para juri dan pendapat mereka tentang Indonesian Idol. Dan iklan nya, buaaaaaanyak banget. Sebel juga nontonnya. Moga2 edisi selanjutnya ngga membosankan seperti ini.

RCTI memang tidak punya banyak pilihan dengan format acara, krn mereka harus mengikuti format American Idol. Sejak awal semua peserta berhadapan dengan 4 juri (sorry, aku ngga ingat), dan untuk peserta yg jelek, komentar (dan tingkah laku) juri memang sangat pedas. Terlalu pedas malahan, menurutku, untuk ukuran Indonesia. Mungkin di Amerika, acara seperti ini masih oke. Tapi di Indonesia, kok rasanya ngga cocok ya? Komentar juri cenderung jadi ngata2in, ngejek, bukannya kritik positif. Beda sekali dengan komentator AFI yg memberikan kritik yg membangun buat para peserta.

Tapi memang nggak fair sih kalo membandingkan komentator AFI dengan juri Indonesian Idol. Krn Indonesian Idol masih di tahap seleksi, jadi wajar kalo banyak peserta yg jelek. Mungkin nanti kalo sudah ada 12 besar (apa 10 besar?), baru komentar juri bisa jadi lebih baik.

Jadi, ya kita tunggu saja.