Konser AFI Bandung

Hari Senin kemaren, Indosiar menyiarkan secara langsung Konser Akademia AFI dari Bandung, tepatnya dari Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Konser ini untuk promosi album mereka, jadi lagu2 yg dibawakan juga lagu2 dari album baru tersebut.

Salah satu hal yg membuat aku tertarik untuk nonton acara ini, krn diadakan di Sabuga. Pengen juga ngeliat Sabuga, gimana kondisinya kalo dipake untuk acara konser seperti ini. Biasanya aku ngeliat Sabuga hanya kalo lagi ada wisuda sarjana ITB. Menarik juga ternyata, tata lampu yg ada sangat bagus, dan penempatan panggung juga sepertinya tidak terlalu sulit. Gedung ini memang dirancang untuk acara2 konser juga, bukan hanya untuk acara2 formal seperti wisudaan.

Secara umum sih acaranya konser nya sendiri lumayan membosankan. Lagu2nya ngga ada yg baru, krn memang sebelumnya sudah mereka bawakan waktu menjadi akademia. Yg lumayan bagus cuman lagu “Menuju Puncak” yg diaransemen ulang, jauh lebih menarik daripada versi aslinya.

Penampilan akademia juga biasa2 aja. Kadang mereka bernyanyi solo, kadang dalam kelompok. Anehnya, kadang2 kelompok yg dibentuk itu agak aneh komposisinya, suaranya pada ngga cocok. Masa Veri digabung dengan Smile? Jadinya lagunya dinyanyikan aneh, krn Smile terpaksa mengambil nada rendah, satu oktaf dibawah Veri. Dan kami juga perhatikan kalo Lastmi ngga pernah nyanyi di konser ini, selain di lagu “Menuju Puncak” yg memang dinyanyikan oleh 12 orang, itupun hanya video klip nya yg diputar, bukan nyanyi live.

Mungkin memang lebih menarik untuk nonton Konser AFI 2 hari Sabtu mendatang.