Daihatsu Xenia: Kesan pertama

Karena pengen membandingkan Avanza dan Xenia, aku pergi ke pameran Daihatsu Xenia di SCBD. Pamerannya rame banget, menunjukkan antusiasme untuk produk ini. Jadi, apa bedanya dengan Avanza?

Secara teknis, kedua model ini sebenarnya barang yg sama, krn memang diproduksi oleh pabrik yg sama: Astra International. Secara umum semuanya sama. Perbedaan hanya di asesoris yg disediakan. Plus, Xenia juga menyediakan mesin kapasitas 1000 cc selain 1300 cc, sementara Avanza hanya menyediakan 1300 cc.

Yg menarik, Daihatsu berusaha memperlebar range harga Xenia, mendekati range harga Avanza. Seharusnya hanya ada 3 tipe Xenia. Dua tipe pertama bermesin 1000 cc, tipe terakhir (Xi) bermesin 1300cc. Tapi, dibandingkan dengan Avanza tipe tertinggi (G), asesoris Xenia Xi jauh sekali, dan tentu saja, harganya juga jauh sekali. Nah, Daihatsu ternyata di pameran tersebut membuat beberapa “model” tambahan, seperti Xi Sporty, Xi Family, dst, dengan tambahan2 asesoris. Akibatnya, secara asesoris, hampir sama dengan Avanza G. Sisanya apa yg beda? Avanza G tinggal punya bbrp kelebihan: AC Double Blower, Tachometer, dan Console Box untuk kursi deret ketiga. Sementara Xenia Xi Sporty (tipe tertinggi) sudah memiliki Front Bumper Guard, Rear Bumper Guard, Roof Rail, dan Mud Guard. Untuk Avanza G, keempat asesoris ini masih harus dibeli tambahan. Beda harganya? Bisa sampe 5 juta lebih.

Sayangnya, di pameran itu hanya ada test drive untuk yg 1000 cc. Jadinya aku males juga ikut test drive nya.

Jadi, kesimpulannya? Ini udah tergantung brand choice saja. Kalo memang ngebet hanya mau beli Toyota dan ngga mau Daihatsu, ya silahkan beli Avanza. Tapi kalo ngga gitu peduli merk, sebaiknya beli saja Daihatsu, krn rentang harganya jauh lebih menarik. Tentu saja dengan catatan, anda tidak membutuhkan AC Double Blower ataupun Tachometer.

Satu hal yg jadi catatan: Toyota sudah mengumumkan, bahwa Avanza tidak boleh dibawa ke bengkel Daihatsu, dan Xenia tidak akan diterima di bengkel Toyota. Kalau Avanza di bawa ke Daihatsu, maka garansi nya akan batal.